Berita Terbaru

10 Diving Spot Paling Keren di Indonesia yang Wajib Kamu Jelajahi


FarronNews - Travel - Kamu yang menggemari olahraga air kayaknya kurang lengkap kalau belum menjajal scuba diving alias menyelam. Apalagi, Indonesia kaya dengan spot-spot menyelam keren yang pantang kamu lewatkan; beberapa bahkan dinobatkan sebagai diving spot terbaik di dunia.
Nah, kalau kamu ingin bertualang di bawah air bersama makhluk-makhluk fantastis, ini dia tempat-tempat di Indonesia yang wajib kamu tuju. Percaya deh, Indonesia itu surga banget buat kamu yang suka diving dan snorkeling, atau sekedar suka melihat pantai!

1. Kepulauan Banda, Maluku


Kepulauan Banda adalah kumpulan pulau vulkanis yang terletak di Laut Banda. Kepulauan ini masih termasuk wilayah provinsi maluku, tepatnya 132 km sebelah tenggara Ambon, yang terdiri dari 3 pulau besar–Banda Besar, Banda Neira dan Gunung Api– serta 7 pulau kecil. Kepulauan ini memiliki taman laut yang oke punya sehingga menyelam menjadi daya tarik utama bagi daerah ini.
Di Kepulauan Banda, tercatat ada lebih dari 25 spot menyelam. Yang paling terkenal di antaranya adalah Sonegat, Pulau Keraka, Pulau Syahrir Batu Kapal, Pulau Hatta, serta Pulau Ai. Untuk bisa mencapai Kepulauan Banda, kamu perlu naik pesawat dulu ke Ambon. Setelah itu, baru menyeberang menggunakan kapal ke Kepulauan Banda.

Satu yang harus diingat, pastikan kamu datang di musim yang tepat. Awal September sampai akhir Desember adalah saat yang tepat untuk mengarungi laut Banda. Saat cuaca sedang buruk, tak akan ada kapal yang bisa mengantarmu menyeberang. Liburan yang seharusnya mengasyikkan bisa sia-sia.

2. Bunaken, Sulawesi Utara


Kalau kamu berkunjung ke Manado, Sulawesi Utara, jangan pernah melewatkan kesempatan untuk menyelam di Taman Laut Nasional Bunaken. Bunaken mempunyai 20 titik penyelaman yang bisa kamu jelajahi, antara lain Tembok Lekuan, Mandolin, Bunaken Timor, Tanjung Kopi, dan reruntuhan kapal di Manado.

Laut Bunaken menjadi rumah bagi lebih dari 390 spesies koral serta ratusan jenis ikan, reptil, dan makhluk laut lainnya. Untuk sampai ke Pulau Bunaken, kamu bisa menumpang perahu dari Manado dengan waktu tempuh sekitar 35 menit. Di sini, kamu bisa bertemu dengan ikan Nemo (clown fish) yang terkenal di Disney itu.
Setelah sampai di Manado, kamu bisa menyewa speed boat untuk mengantarmu ke Bunaken. Harga sewa speed boat sekitar 500-700 ribu. Mahal? Iya sih, diving trip ke Bunaken memang terkenal tidak murah. Satu trik penghematan yang bisa kamu lakukan adalah menyiapkan diving gear sendiri. Harga sewa alat selam di Bunaken terbilang fantastis, sekitar 1 juta/hari.

3. Wakatobi, Sulawesi Tenggara


Selain Bunaken, ternyata Sulawesi masih memendam surga tersembunyi yaitu Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara. Wakatobi sendiri sebenarnya adalah akronim dari nama empat pulau utama, yaitu Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Wakatobi sangat terkenal di kalangan penyelam baik lokal maupun mancanegara sebagai salah satu tempat dengan biota laut terkaya di dunia. Topografi bawah lautnya juga bervariasi.
Di Wakatobi kamu bisa menemukan 750 spesies koral, 112 jenis karang, serta 93 jenis ikan. Beberapa jenis penyu juga menjadikan taman ini sebagai rumah mereka seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tempayan (Caretta caretta), dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea).
Oh iya, di Wakatobi ini cuma ada 1 ATM. Jadi, buat kamu yang berencana berkunjung ke sini sebaiknya ambil uang di Pulau Wangi-Wangi — pulau utama di kepulauan ini.

4. Selat Lembeh, Sulawesi Utara


Masih di daerah Sulawesi, segaris selat sempit yang memisahkan antara daerah Bitung, Sulawesi Utara dan Pulau Lembeh ini tampak remeh. Padahal, di baliknya kamu bisa menemukan keindahan hayati bawah laut yang patut diperhitungkan. Perairan sepanjang 16 kilometer dan lebar hanya 1-2 kilometer tersebut setidaknya memiliki 88 lokasi titik penyelaman yang bisa memanjakan mata setiap penyelam yang ‘nyasar’ ke sana.

5. Pulau Weh, Sabang


Di ujung barat laut Indonesia, Pulau Weh juga menawarkan diving spot yang gak kalah keren dibandingkan dengan tempat-tempat terkenal lainnya. Setidaknya ada tiga titik penyelaman yang bisa kamu coba, yaitu Bate Tokong, Seulako Barat, serta The Canyon. Yang disebutkan terakhir ini adalah lokasi menyelam yang paling keren di Pulau Weh. Topografinya berupa labirin bebatuan yang remang-remang sehingga menimbulkan kesan mistis–tapi gak seram kok. Kalo beruntung, kamu bisa bertemu dengan napoleon fish raksasa, lho!

6. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur


Eh, jangan mengira eksotisme yang dimiliki Pulau Komodo itu hanya sebatas kadal komodo saja, ya. Di lepas pantainya, ada daya tarik tersembunyi yang disimpan oleh pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini, karena Taman Nasional Komodo ini merupakan jantung Segitiga Terumbu Karang dengan keanekaragaman hayati laut paling kaya di dunia.
Taman Nasional Komodo memiliki sejumlah titik penyelaman yang tersebar di Labuan Bajo, Pulau Komodo, dan Pulau Rinci dengan karakteristiknya masing-masing. Salah satunya adalah Manta Point di mana kamu bisa memantau Manta pada bulan-bulan Maret-April dan September-November. Kalo kamu mau mengunjungi beberapa titik sekaligus, kamu bisa memanfaatkan paket wisata dari dive operator lokal.

7. Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur


Masih di Nusa Tenggara Timur, ada satu daerah lagi yang menawarkan lokasi menyelam yang gak kalah indahnya, yaitu Pulau Alor. Dunia bawah laut Alor setidaknya punya 50 titik menyelam yang tersebar sampai ke Pulau Pantar. Dengan airnya yang jernih, laut Alor adalah alternatif sempurna selain Raja Ampat dan Pulau Komodo.
Di beberapa titik penyelaman Pulau Alor, kamu bisa menemukan beragam biota laut langka, beberapa di antaranya bahkan belum dinamai lho. Oleh para penyelam, titik-titik diving tersebut dikenal dengan sebutan Baruna’s Dive Sites at Alor, yang lokasinya terbentang mulai dari Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate, Pulau Pantar, dan Pulau Pura.

8. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur


Di Kalimantan Timur, ada surga tropis yang membuatmu gak ingin pulang. Kepulauan Derawan yang terdiri dari 31 pulau–yang terkenal antara lain Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban–ini memiliki pantai-pantai berpasir putih dan surga bawah laut yang luar biasa cantik. Di tempat ini, kamu bisa menemukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless bisa kamu ajak bercanda.
Di 28 titik penyelaman yang tersebar di Kepulauan Derawan, kamu bisa menemukan setidaknya 460 jenis karang dan lebih dari lebih dari 870 jenis ikan mulai dari kuda laut kerdil hingga pari manta raksasa. Kalo kamu mau menjelajahi semuanya, setidaknya alokasikan waktu 10 hari untuk tinggal di surga tropis ini.

9. Teluk Cendrawasih, Papua


Tahukah kamu kalau Papua mempunyai taman nasional dengan perairan terluas di dunia? Namanya Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Teluk ini berada tepat di sebelah barat ‘kepala’ Pulau Papua dan dikelilingi beberapa pulau, seperti Pulau Biak dan Pulau Yapen. Selain menjadi surga bagi beraneka ragam biota laut, tempat ini juga menjadi pusat penelitian hiu paus atau whale shark.
Buat menikmati keindahan bawah laut Teluk Cendrawasih, kamu cukup menyambangi beberapa pulau, antara lain Pulau Yoop, Pulau Nusrowi, Pulau Mioswaar, Pulau Numfor, dan Pulau Rumberpon. Selain bisa menemukan 209 jenis ikan, kamu juga bisa berenang bersama ikan duyung, paus biru, lumba-lumba, dan tentu saja hiu paus yang jinak itu. Pasti bakal jadi pengalaman yang gak terlupakan, deh!

10. Raja Ampat, Papua


Nah, ini dia surga menyelam yang paling tersohor, gak cuma di Indonesia, tapi juga di dunia. Raja Ampat yang terletak di Papua ini menjadi tujuan yang gak boleh dilewatkan oleh semua pecinta wisata bawah laut. Di sinilah kamu bisa menemukan keanekaragaman hayati laut terkaya di dunia, mencakup 540 jenis karang atau sekitar 75% dari seluruh spesies karang yang ada di dunia, 1.511 spesies ikan, 5 spesies penyu laut langka, 57 spesies udang mantis, dan 13 spesies mamalia laut.
Menceburkan diri ke dunia bawah laut Raja Ampat itu seperti masuk ke alam mimpi. Kamu bisa berenang bersama pari manta dan sejumlah ikan lainnya, ataupun menyapa kuda laut kerdil yang menari di antara jemarimu. Pengalaman menyelam di Raja Ampat akan membuatmu selalu rindu untuk kembali ke tempat ini.
Foto-foto di atas tentu gak sanggup menggambarkan seluruh keindahan surga bawah air di masing-masing tempat; kamu harus mengalaminya sendiri. Di antara spot-spot menyelam di atas, yang mana aja yang udah kamu kunjungi? Atau, mungkin kamu punya rekomendasi lain? Bagiin aja yuk di kolom komentar!
sumber : hipwee

Tidak ada komentar