Berita Terbaru

7 Cara yang Perlu Kamu Coba Demi Tidur Nyenyak


Tips Kesehatan - Selama kamu melakukan aktivitas kadang seringkali kesibukanmu itu membuat tidurmu jadi terabaikan alias kurang nyenyak. padahal manusia mana yang bisa bertahan tanpa tidur? Kurang tidur atau tidur yang tak cukup dapat membuat badanmu lelah/lemas. Makanya sangat penting sekali untuk selalu tertidur nyenyak setiap harinya.

Bagi kamu mau tahu bagaimana caranya tidur nyenyak,disini saya akan membagi-bagikan tips dan trik yang bisa kamu lakukan. semoga ini dapat membantu kamu yang kurang tidur nyenyak.

1. Minum susu coklat hangat sebelum tidur.


Suhu yang dingin dapat menyebabkan kamu mengantuk. Sesaat sebelum tidur, tubuhmu akan mengalami penurunan suhu secara alami. Tubuhmu akan berada dalam suhu terendahnya ketika terlelap.

Minum susu coklat hangat sebelum kalian tidur dapat membantu mempercepat proses tersebut sehingga menyebabkan rasa kantuk yang lebih besar.


2. Kenali Dulu Jam Tidur-mu



Tidur dan terbangun pada yang saat sama secara tiap harinya dapat meningkatkan kualitas tubuhmu. Tubuhmu akan lebih terbiasa dengan pola yang konsisten. Alhasil, tubuhmu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bersiap-siap tidur dan bangun. Kamu pun akan lebih mudah tidur dan bangun setiap harinya.

Jika pola tidurmu masih belum teratur, cobalah tentukan jam tidur kamu dan gunakanlah alarm untuk memastikan kamu tidur dan bangun pada jam yang sama. sehingga kebiasaan ini akan muncul pada tubuh-mu dan tubuh-mu akan mengingat dengan sendiri-nya. Tapi ingat tidur dengan minimal 8 jam. jangan sampai kalian menentukan jadwal tidur dan bangun itu kurang dari 8 jam.

3. Istirahatkan Matamu dari Terangnya Lampu.


Terangnya Lampu dapat menganggu produksi melatonin dalam tubuh. Melatonin ini adalah sebuah hormon yang membuat kita merasakan kantuk. 

Maka dari itu tidurlah dalam kondisi lampu kamar yang mati. jika seandainya kamu 1 kamar dengan orang-orang yang tidak terbiasa dengan tidur sambil mematikan lampu. maka kalian bisa memakai penutup mata karena akan sangat membantu tidurmu supaya nyenyak.

4. Tenangkan Juga Hati dan Pikiranmu


Jika sudah waktu tidurmu, cobalah berusaha untuk tidak memikirkan pekerjaan yang akan terjadi kedepan atau masalah yang sedang ada. Waktu tidurmu perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk beristirahat. 

Jika memang ada hal yang sangat menganggu pikiran, cobalah berikan sugesti kepada diri sendiri bahwa semua yang telah kalian kerjakan sudah selesai. dengan begitu kamu dapat menyelesaikan persoalan itu besok dengan badan dan pikiran yang baik. lagipula tidak ada untungnya kan memikirkan masalah itu pada saat sebelum tidur?

5. Alihkan Ritual Malam Hari Favoritmu untuk Dilakukan di Pagi Hari


Jika kamu mempunyai kebiasaan sebelum tidur, cobalah lakukan hal-hal tersebut di pagi hari. Kamu mungkin sering sekali nonton TV, liat-liat media sosial. daripada kamu menghilangkan waktu istirahatmu yang sangat berharga mending lakukan saja hal-hal tersebut di pagi hari.

Karena disatu sisi tidak menganggu waktu tidurmu, kamu juga bisa bangun lebih pagi. liat sosial media / baca buku sambil sarapan kan juga dapat menghemat waktu kamu. 

6. Lakukan Olahraga dan Peregangan Teratur


Pola hidup sehat dengan olahraga secara teratur pada pagi hari dapat membuat metabolisme tubuhmu lebih baik. Metabolisme tubuh yang baik akan mempercepat waktu yang dibutuhkan tubuh untuk masuk ke dalam tahapan "istirahat".

Disamping olahraga teratur, peregangan sederhana sebelum tidur juga akan membantu badanmu terhindar dari kram.

7. Jangan Makan Berat sebelum Tidur


Jika sebelumnya kita telah membahas minuman yang dapat membuat kantuk, sekarang kita akan membahas makanan apa saja yang akan membantu kamu tidur lebih baik. Pada dasarnya seperti minuman atau metode lain di atas, makanan yang bisa merangsang melatonin sangat dianjurkan untuk membantu tidurmu. Buah-buahan dapat merangsang melatonin sehingga dapat menyebabkan kantuk.

Sebaliknya, jangan makan berat sesaat sebelum tidur. Jika langsung tidur setelah makan berat, tidurmu akan tidak nyaman karena badanmu masih memproses atau mencerna makanan tersebut secara aktif. Jika badanmu belum siap untuk beristirahat, tidurmu akan terganggu karena kamu harus bolak-balik kamar mandi.



Tidak ada komentar