Berita Terbaru

4 Trik Sederhana Supaya Laptop Tidak Lemot Lagi


FarronNews - Tekno - Sering Sekali pada saat pertama kali kita membeli laptop, rasanya sangat lancar dari loadingnya buka program sama bermain gamenya akan tetapi seiring berjalannya waktu tiba-tiba kalian merasa laptop terasa lemot banget. Mulai dari loading ke windowsnya lama, mau buka app nunggu 5-10 menitan, main game udah terasa ngelag. 

Memang yang namanya teknologi pasti ada umurnya akan tetapi disini saya akan membagi cara supaya laptop kalian tidak lemot lagi. sebenerya cara termudah adalah kalian meng-install ulang OS kalian. tapi kalian tidak mau kan data-data kalian hilang seketika demi mengembalikan perfoma Laptop? maka inilah 4 Trik Sederhana supaya laptop tidak lemot lagi. silahkan lihat di bawah ini.

1. Download Anti-Virus dan Scan Laptop Kalian



Seperti halnya manusia yang mempunyai penyakit. Laptop pun juga mempunyai penyakit dan penyakit ini adalah Virus. Cobalah kalian download Anti-Virus dan lakukan scan terhadap Laptop kalian apakah lemot karena ada virusnya?

2. Booting Windows Lemot?



Kalian sudah menghilangkan virus tapi Booting Windows masi terasa lemot? Coba liat di MSConfig kalian. cara nya Pertama Klik "logo windows" yang ada di pojok kiri. di kotak search ketik "msconfig", pilih tab "startup". kemudian lihatlah program-program apa yang tidak kalian pakai dan hilangkan tanda centang tersebut. Jika kalian tidak tahu nama program-programnya lebih baik dibiarin aja. dan lihat step yang ke-3 ini.

3.Uninstall program yang sudah tidak di pakai.




Pertama coba lihat aplikasi yang ada di laptop kalian, apakah sangat banyak? coba kalian lihat dan pikir-pikir mana yang sudah tidak di pakai dan mana yang sangat berguna buat kehidupan sehari-hari kalian. jika sudah Klik "start" terus klik "control panel", setelah itu muncul sebuah folder dan klik " uninstall program" dan akan muncul seperti gambar yang ada di atas.

4. Hapus Data-Data yang tidak terpakai




Biasanya laptop yang sudah berumuran 2-3 tahun mempunyai banyak sekali data berupa cache internet dari browsing kah atau file-file kalian yang sudah tidak dipakai. Inilah yang bikin salah satu penyebab laptop kalian lemot. karena file-file ini memakan kapasitas harddisk kalian sehingga menjadi kecil. 

Cobalah rapikan file-file kalian dan lihat mana yang masih berguna dan yang tidak. segera delete dan jangan lupa klik recycle bin kalian untuk men-delete permanen file kalian. jika sampah-sampahnya ada dibrowser cukup buka browser kalian dan "Ctrl+H" cari "clear browsing data" maka semua data yang pernah kalian browsing akan hilang.

Satu hal lagi guys. Jangan pergunakan laptop kalian untuk multitasking yang berat namanya teknologi pasti perfoma tidak sepenuhnya sama seperti dulu dan jangan kalian suka install sembarangan software karena terkadang di dalam software tersebut terdapat "jebakan betmen" yang bisa membuat laptop kalian menjadi lemot.

Terima kasih sudah membaca artikel saya dan semoga bermanfaat buat kalian :).

Tidak ada komentar