Berita Terbaru

Benarkah Makan Gorengan Bisa Bikin Kita Batuk?

Makanan Gorengan
Makanan Gorengan
FarronNews - Opini -  Benarkah Makan Gorengan Bisa Bikin Batuk? - Salah satu cemilan yang sering di makan oleh mayoritas Indonesia ini adalah gorengan. Beberapa makanan seperti tempe, tahu, pisang, yang dilapis dengan tepung dan digoreng. Cemalan ini sangat identik sekali dengan label "bikin batuk". Namun apakah betul kalo makanan gorengan ini 100% bisa bikin kita batuk?

Jika kita lihat dari segi kesehatan Tempe, Tahu, dan Pisang ini termasuk makanan yang cukup bergizi namun kenapa jika di kaitkan dengan gorengan bisa bikin batuk? ternyata faktor yang paling berisiko yang membuat kita batuk tersebut ternyata bukan makananya melainkan minyak yang di sediakan oleh pedagang kaki lima, kalian pasti tau kan demi menghemat biaya pengeluaran, biasanya pedagang kaki lima ini suka memakai minyak goreng yang sudah di pakai berulang - ulang sampai daganganya laku terjual abis.

Warnanya sudah tidak karuan
Nah ini yang menyebabkan kenapa gorengan itu sangat identik dengan Batuk, karena minyak goreng yang sering di pakai itu dapat menyebabkan sebuah zat akrolein(dehidrasi / peradangan di tenggorokan) dikarenakan suhu pemanasan minyak goreng sudah melebihi apa yang di sarankan. 

Penyakit Batuk sebetulnya adalah upaya pertahanan yang dilakukan oleh tubuh kita terhadap berbagai macam bakteri yang mau memasukin saluran nafas. jadi batuk seperti refleks supaya manusia bisa membersihkan tenggorokan dari bakteri - bakteri, polusi atau mikroba

Gorengan juga dapat menyebabkan sariawan dikarenakan gorengan memiliki tesktur yang kasar yang dapat melukai mulut kalian dan tenggorokan kalian secara tidak langsung, ditambah makanan berminyak satu ini lebih sulit dicerna oleh tubuh karena zat akrolein.

sehingga zat ini dapat menghambat proses kekebalan tubuh kita yang dapat menyebabkan peradangan sementara, dari sinilah kalian bisa lihat kenapa makan gorengan itu dibilang bisa bikin batuk.

Sariawan
Sariawan
Jadi kalo kalian pengen gorengan biasakanlah untuk memasak na sendiri ( walaupun saya sebagai penulis juga terkadang malas ) karena sangatlah tidak sehat jika kalian membeli di pedagang kaki lima karena minyak sering dipakai berulang itu dapat menyebabkan kolestrol kalian naik, jika kalian tetap sering membeli makanan gorengan ini sehari - hari, maka jangan heran jika pada usia dini kalian sudah terkena serangan jantung.

Memasak Sendiri Makanan
Cobalah Tips pratekan sekarang untuk menjaga tubuh kalian, memang kalian merasa baik -baik aja untuk sekarang tapi kedepan-nya kita tidak tau kan apa effect apa yang akan timbul di kemudian hari? bukannya penulis menyarankan untuk tidak membeli lagi di pedagang kaki lima. tapi kalau bisa biasakan memasak na sendiri karena lebih sehat dan jangan terlalu sering beli. Tubuhmu adalah salah satu harta yang paling beharga : ).

Tidak ada komentar