Berita Terbaru

Saatnya Untuk Kalian Belajar Bilang Tidak Pada Sesuatu


Katakan Tidak Pada Sesuatu

FarronNews - Tips - Apakah kalian sering sekali di minta tolong sama teman - teman kalian ? kadang apa kalian merasa ada beberapa Temen kalian yang gak tau diri yang malah manfaatin pertolongan kalian, dari bantuan kecil hingga permintaan tolong yang besar. mungkin sekali, dua atau tiga kali sih gak apa - apa, tapi kalo sudah keterusan minta tolong itu sudah namanya di manfaatin. gimana cara - cara kalian menghadapi orang - orang seperti itu?

1. Cobalah Belajar untuk berkata Tidak

Alasan Berkata Tidak

Tahukan Kalian ? Kenapa bisa kalian dimanfaatin oleh teman-teman kalian yang notabe na "Tidak tau diri" karena itu pada dasarnyah adalah kesalahan Kalian yang selalu berkata "iya dan iya" aja pas dimintain pertolongan. kalo kalian merasa mempunyai sikap tidak enak kepada teman sehingga apapun yang teman mintain tolong selalu berkata iya-iya maka sudah dipastikan kalian jadi sasaran orang-orang yang nggak tau diri demi kepentingan mereka, bukan berarti saya bilang kalian harus berkata tidak terus, tapi sekali-kali cobalah nolak,biar mereka tau kalo kalian itu gak bisa di perlakukan seenaknya dan mereka tau kalo kalian juga punya kegiatan sendiri tidak seperti "freelance". kapan aja selalu ada

 2. Jangan pernah takut untuk di benci.

Jadilah Dirimu Sendiri

Kalian pernah ngalamin kayak gini? sering banget bantuin Mereka sebelumnya tapi sekalinya Kalian bilang tidak buat bantuin tiba - tiba sikap Mereka berubah sekali ke Kalian? ini sudah keliatan kalo Mereka berteman dengan Kalian hanya karena ada perlu sesuatu. jadi jangan takut kalo mereka membencimu karena masalahnya ada di dalam diri mereka bukan kalian jadi tidak perlu sampai merasa tidak enak dan berubah pikiran.

3. Kalo sudah berani bilang Tidak, pastikan kalian berkata dengan tegas dan jelas. Tidak Perlu ditambah dengan alesan yang gak jelas / bertele - tele.

Katakan dengan Jelas

Mereka : bisa bantuin gua kerjain tugas proposal gua gak bro? (yang sering meminta bantuan)

Kalian : aduh, gimana ya, gua juga lagi banyak tugas dari dosen nih, gak sempet kalo hari ini dan besok soalnya mau dikumpulin lusa bro. kayaknya gak bisa bantu bro.

Mereka : ooh, yah udah gak apa apa tugas proposal gua masih seminggu lagi kumpul. tar bantuin yah kalo u dah sempet aja, gak buru-buru juga kerjaan ini.

Kalian : ohhhhh..

Dari perbincangan di atas sudah keliatan kan? apa kalian sering sekali ketemu kasus seperti itu dengan percakapan berbeda?maka cobalah katakan dengan Tidak secara tegas, lugas dan jelas.

4. Kalo kalian mau bantu, coba tentukan syarat dan ketentuannya.

Peraturan dan Perjanjian

Syarat dan ketentuan ini selalu harus ada di "kepala" kalian kalo mau Kalian bantu mereka supaya kedepannya mereka tau kalian tuh tidak bisa dimanfaatin terus-terusan ke depannya. seperti bantu dana buat mereka, kasih syarat mesti bayar akhir bulan dan hanya bisa kasih segini. jika tidak bayar pada akhir bulan bilang gak bisa pinjam dana lagi ma Kalian.

5.Jangan Suka bilang "Pikir-Pikir" dulu


Kalian pernah merasa berada di posisi mau jawab tapi ragu mau bilang "iya" atau "tidak" ketika teman kalian minta tolong, mungkin kalian sering bilang "pikir - pikir dulu" atau "liat nanti". Tapi menurut saya yah, lebih baik kalian ambil keputusan langsung katakan "iya" atau katakan "tidak" karena jika kalian ragu, kalian bisa bilang tidak sambil melihat kondisi kalian, seperti tidak punya waktu, bakal nguras tenaga, atau merasa malas. Apalagi jika mereka membutuhkan keputusan saat itu juga, jangan sampai kalian terjebak dengan keadaan yang kalian merasa sangat dirugikan.

Dari cara - cara di atas juga mesti liat - liat juga ya, kalian lihat apakah emang mereka butuh bantuan banget atau tidak, gunakan insting dan pengalaman kalian buat bedain , mana yang bener- bener butuh bantuan, mana yang sebernyah suka manfaatin kalian.

Sekian dari saya untuk kalian, semoga bermanfaat dan jangan lupa share yah :). terima kasih telah berkunjung ke blog saya.

Tidak ada komentar